POTENSI BATU ALAM DESA LEPRAK

Desa Leprak memiliki potensi batu alam yang beraneka macam,contohnya adalah batu paras dan batu bintang. Batu alam ini apabila dikelola dengan baik dapat menjadi lapangan kerja baru dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Leprak. Berikut ini adalah wujud dari batu paras dan batu bintang yang berhasil terdokumentasikan :

Batu Bintang
Batu Paras

 

Lokasi batu paras dan batu bintang terletak pada Dusun Leprak II. Batu paras ini sudah dilakukan penambangan. Menurut Fauzan seorang pemuda sekaligus pekerja ditambang batu paras, mengatakan bahwa tambang batu paras ini adalah milik mantan wakil bupati Bondowoso Bapak Haris. Batu paras ini katanya akan diproses menjadi pasir kucing. Pemrosesan batu paras ini menjadi pasir kucing dilakukan di kota Bondowoso. Penambangan batu paras dilakukan setiap hari dan masih secara manual. Penambangan harus terhenti saat musim hujan karena membuat akses menjadi sulit dilalui.

Tambang Batu Paras

Lain halnya dengan batu bintang, menurut Bapak Maghfiroh seorang warga desa Leprak II, batu bintang pernah ditambang pa  da tahun 2004-2005. Tambang batu bintang ini terhenti karena terjadi permasalahan pada pihak investor. Batu- batu bintang yang sudah berhasil terangkut kini terlantar dipinggir jalan menjadi batuan pagar jalan. Sebenarnya terdapat beraneka macam batuan di dusun Leprak II, batuan ini berbeda jenisnya berdasarkan blok-blok yang ada. Perlu adanya eksplorasi lebih lanjut untuk mengetahui potensi bebatuan alam berharga yang terdapat pada Desa Leprak, sehingga potensi ini dapat diolah demi kesejahteraan masyarakat di Desa Leprak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *