Menunggu Fajar di Leprak

detik detik matahari terbit

Memasuki gapura pintu masuk terlihat dengan jelas, Desa Leprak merupakan desa yang terletak pada kaki bukit. Lokasinya yang berada di dataran tinggi menyebabkan Desa Leprak memiliki banyak bukit salah satunya “Bukit Tongou”. Bukit ini terletak di sebelah barat jalan arah menuju ke dusun Leprak II. Akses menuju bukit masih sulit, oleh karena itu bukit ini masih jarang terjamah manusia.

Bukit Tonggu ini memiliki potensi untuk dijadikan salah satu wisata unggulan di Desa Leprak. Selain panorama matahari terbit dan terbenam yang elok dipandang mata, pada bukit ini terdapat makam. Dahulu, makam ini sering menjadi tempat ziarah warga, Asal muasal makam inipun masih dipertanyakan. Wacana untuk mengembangkan Bukit Tongou menjadi wisata sedang gencar- gencarnya di upayakan warga. Ketua BPD, Bapak Fauzen Abrori merupakan salah satu pemrakarsa pengembangan bukit tongou untuk menjadi wisata yang dapat dikelola oleh masyarakat desa Leprak. Harapannya bukit ini akan menjadi wisata alam dan religi yang dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar bukit ini.

Upaya awal dari pengembangan bukit ini, diawali dengan rencana pembuatan jalan yang dapat mempermudah akses bagi wisatawan. Salah satu upaya lain pengembangan bukit ini adalah dengan memperkenalkan bukit ini melalui media sosial dan website desa agar keberadaan bukit ini dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat di luar desa. Langkah promosi ini dilakukan dengan mendokumentasikan panorama yang terdapat pada bukit tongou dengan mencari spot- spot lokasi yang dapat menarik kunjungan bagi wisatawan. Momen terbaik untuk menikmati Bukit Tongou ini adal’ah saat fajar menyingsing dan terbenam. Nama “Tongou” ini sesuai untuk bukit ini, dimana “Tongou” yang berarti menunggu, orang akan betah berlama- lama menunggu hingga melupakan waktu dengan keindahan panorama yang disajikan. Berikut ini adalah beberapa dokumentasi Bukit Tongou ini yang berhasil diabadikan.

Foto Menunggu Fajar Menyingsing                             
makam buyut rabah di tonggu    
pemandangan matahari terbenam dibukit tonggu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *