Persiapan peringatan HUT RI ke 73

 

 

 

 

 

Dalam memperingati 73 tahun Indonesia Merdeka banyak hal yang dapat dilakukan, salah satunya dengan mengadakan kegiatan masyarakat yang bertujuan membangkitkan rasa nasionalisme.

Perlombaan agustusan merupakan serangkaian kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari peringatan HUT RI.

Telah lama di Desa Leprak vakum kegiatan perlombaan untuk memperigati HUT RI, maka antusiasme warga sangat besar dengan adanya wacana perlombaan yang akan dilakukan.

Menurut Sayyif, seorang warga Leprak, “Leprak setiap agustusan jarang ada acara seperti ini, acara seperti ini sangat dibutuhkan supaya desa Leprak tambah maju”.

Kegiatan perlombaan agustusan ini merupakan hasil kerjasama desa dengan mahasiswa KKN dari Universitas Jember. Fokus kegiatan perlombaan agustusan ini adalah pada perlombaan untuk anak-anak. Tujuannya agar anak anak di Desa Leprak memiliki semangat juang, sportifitas dan mempunyai semangat nasionalisme.

Semangat anak-anak dan masyarakat di Desa Leprak telah nampak dari awal persiapan peringatan HUT RI, anak- anak di Desa Leprak dengan antusias membantu membuat pernak pernik perlombaan dan beramai-ramai mendaftarkan diri setelah mengetahui akan diadakan lomba peringatan HUT RI.
Pemuda di Desa Leprak juga membantu dalam menyiapkan lokasi untuk perlombaan peringatan HUT RI.

Anak- anak membantu persiapan agustusan
Anak- anak berkerumun mendaftar lomba

Rencananya lomba akan dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus- 13 Agustus 2018. Lomba yang akan dilaksanakan dibagi menjadi dua kategori yaitu dewasa dan anak-anak. Lomba dewasa terdiri dari Lomba Sunggi Tempeh, Tarik Tambang dan Volly Terpal, sedangkan untuk lomba kategori anak-anak terdiri atas lomba lari kelereng, balap karung, paku botol dan makan kerupuk.

Melihat antusiasme warga, para warga lainnya sangat bersemangat dengan lomba agustusan yang akan pertama kali diadakan di Desa Leprak. Diharapkan dengan adanya perlombaan peringatan HUT RI ini semangat nasionalisme warga di Desa Leprak meningkat, selain sebagai hiburan warga setelah penat mengolah lahan di ladang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *